WAKTU KEHIDUPAN

Doa Malaikat

Kelompok orang orang yang didoakan Malaikat

1. Orang Yang Tidur dalam keadaan suci. Rosul bersabda” Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci maka malaikat akan bersamannya didalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ” ya Allah ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci ” ( Imam Ibnu hibban meriwayatkan dari abdullah bin Umar ra, hadits ini dishahihkan olaeh Syaikh al albani dalam shahih targhib wa tarhib I/37)
2. Orang yang duduk menunggu waktu sholat. Rasul bersabda” Tidaklah salah seseorang yang diantara kalian yang duduk menunggu shalat,selama ia dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakan ” Ya Allah Ampunilah Ia, Ya Allah sayangilah Ia. ( Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra Sahih Muslim 469)
3. Orang-orang yang ada di shaff barisan depan dalam sholat berjamaah. Rosul bersabda ”, Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bersholawat kepada orang-orang yang yang berada di shaf-shaf depan.( Imam abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah dari barra azib ra hadits di sahihkan oleh Syaikh al albani dalam sahih Sunan Abu dawud I/130)
4. Orang yang menyambung shaff dalam sholat berjamaah ( Tidak membiarkan kekosongan dalam dalam shaff. Rasulululah bersabda, ” sesungguhnya Allah dan para malaikat  selalu bersholawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shafnya. (Para Imam Ahmad, Ibnu majjah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu hibban, dan Alhakim meriwayatkan dari Aisyah ra. Disahihkan  olah syaikh Al albani dalam sahih atarghib wa tarhib I/272)
5. Orang yang duduk ditempat sholatnya setelah melakukan sholat Rasulululah bersabda, ” Para malaikat akan selalu bersholawat kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di tempat sholat dimama ia melakukan sholat selama ia belum batal dari wudlunya, para malaikat berdoa ” Ya Allah ampunilah dan sayangilah dia” (Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah al Musnad no.8106 Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadiuts ini).

6. Orang orang yang melakukan sholat Subuh dan Ashar secara berjamaah. Reasul bersabda Para malaikat berkumpul pada shalat subuh lalu malikat ( Yang menyertai hamba) pada malam hari ( yang sudah bertugas malam hari hingga subuh ) naik ke langit dan malikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian dia berkumpul pada waktu Ashar dan malikat yang ditugaskan pada siang hari ( hingga Ashar)  naik ( kelangit ) sedang malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal lalu Allah bertanya kepada mereka, Bagaimana kalian meninggalkan hambaku ? mereka menjawab ” kami datang sedangkan mereka sedang  melakukan sholat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan sholat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat” ( Imam ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra al Musnad no. 9140 hadits ini disahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir)
7. Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengatahuan orang yang didoakan. Rasullulah bersabda, ” Doa seorang Muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakan adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali ia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan maka malikat tersebut  berkata, ”amin, dan engkaupun mendapatkan yang ia dapatkan”.(diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummu Darda ra shahih Muslim no. 2733)
8. Orang – Orang yang berinfak. Rasulullah bersabda ” Tidak satu haripun dimana dari pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya salah satu dari keduannya berkata, ” Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang berinfak , dan lainnya berkata ” Ya Allah hancurkanlah harta orang yang pelit” (Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu hurairah ra sahih Bukharai no 1442 dan Sahih Muslim no. 1010)
9. Orang orang yang makan sahur. Rasul SAW bersabda ” Sesungguhnya Allah dan para malikatNya bersholawat kepada orang-orang yang makan sahur.( Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath Tabrani meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, hadits ini di sahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Sahih At Targhib wat tarhib I/519)
10. Orang yang sedang menjenguk orang yang sedang sakit. Rasul SAW bersabda,” Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya diwaktu siang kapan saja hingga sore dan diwaktu malam kapan saja hingga subuh” ( Imam Ahmad meriwayatkan dari Ali Bin abi Thalib ra  al Musnad no 754, syaikh Ahmad Syakir berkomentar  ” sanadnya Sahih”)
11. Seseorang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain. Rasul SAW bersabda Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut didalam lubangnya dan bahkan juga ikan, semuanya bersholawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain. (Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily r.a. di sahihkan oleh Al Albani dalam kitab Sahih at Timidzi II/343)
12. Para malikat mengucapkan AMIN  ketika seorang Imam selesai membaca Alfatihah. Rasul SAW bersabda,” Jika seorang imam membaca ghairil maghdhubi ‘alihim waladh dhaliin, maka  ucapkanlah oleh kalian ,”aamiin” karena barangsiapa ucapanya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya di masa lalu”. (Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah , ra Sahih Bukhari no. 782)

Sumber Tulisan Syaikh Dr. Fadhl Ilahi ( Orang-Orang Yang Didoakan Malikat, Pustaka Ibnu Katsir, Bogor, Cet. I Februari 2005
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. TELAGA ILMU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger